Yang Terlintas di Otak

Januari 13, 2017 § Tinggalkan komentar

01:33. Malam ini hujan, deras sekali.

Beberapa menit lalu saya masih membaca buku sambil menyalakan televisi dengan kopi hitam yang sudah hampir habis. Belum ingin tidur, dan sekarang sudah mulai mengetik di laptop berencana update blog yang sudah cukup lama saya abaikan karena ada beberapa hal yang sempat melintas dalam otak saya.

Sekarang kita menjalani tahun baru 2017. Saya yakin banyak orang merinci secara jelas apa yang menjadi resolusinya di tahun yang baru dengan maksud menjadi lebih baik di kemudian hari. Begitu pun dengan saya. Saya selalu berusaha untuk mau mengakui kegagalan dan mempelajari kegagalan tersebut agar bisa berhasil di kemudian. Saya tidak ingin mengakui keberhasilan saja dan menganggap kegagalan merupakan hal biasa, atau kalau tidak tercapai maka biarkan saja. Karena saya menganggap kegagalan merupakan bagian dari diri kita yang harus diperjuangkan untuk berubah lebih baik. Dan hal ini merupakan refleksi penting dalam menyusun resolusi kita nantinya, bukan begitu?.

Mengulas sedikit ke tahun 2016. Ada suatu moment yang belum bisa saya lupakan, karena mungkin juga ini adalah sebuah kegagalan bagi kami dalam menjaga keselamatan pegawai.

Dalam suatu kondisi, ada beban pekerjaan yang sangat tinggi, memenuhi target yang harus kami capai dengan batasan waktu yang tidak bisa dikompromikan lagi, mengharuskan saya beserta pegawai untuk kerja over time. Sehingga konsekuensi yang tidak bisa dihindarkan adalah lembur malam sudah seharusnya kami lakukan.lembur kerja mebel jepara gudang kayu mebel,wood jointer machine, jepara goods furniture manufacturer,mesin wood jointer jepara goods,proses produksi mebel jepara goods,teak indoor machine jepara goods,lembur mebel jepara goods,jepara-goods-woodworking-studio-furniture-designer-teak-manufacturer-indonesia-wooden-mebel-supplier-furniture-retro

Waktu itu malam di hari Minggu, kami memulai lembur untuk memenuhi target dari klien agar bisa mengirimkan mebel tepat waktu. Tiba-tiba saya mendapat panggilan dari pegawai saya mengabarkan ada pegawai lain yang mendapat kecelakaan di gudang produksi. Seketika itu saya cepat-cepat menuju ke gudang untuk memeriksa. Ya, sungguh hari yang nahas dan membuat kami semua sedih entah bermacam perasaan bercampur aduk. Karena ada seorang pegawai saya, Pak Budi kehilangan 2 jari tangannya saat menggunakan mesin wood jointer. Bergegas saya segera membawanya ke rumah sakit agar bisa cepat mendapatkan pertolongan. Dalam kecelakaan ini dokter mengambil tindakan untuk mengamputasi 2 jari tangan Pak Budi.

wood jointer machine, jepara goods furniture manufacturer,mesin wood jointer jepara goods,proses produksi mebel jepara goods,teak indoor machine jepara goods,lembur mebel jepara goodsApa yang dialami Pak Budi sebagai tukang mebel dalam menggunakan mesin wood jointer bisa saja terjadi kepada tukang mebel lainnya tetapi apabila kita berkonsentrasi dan fokus dalam menggunakan mesin mebel, kecelakaan tersebut bisa diminimalisir dan terhindari. Dalam hal ini mesin mebel wood jointer adalah mesin mebel modern dengan mata pisau serut yang sangat tajam berfungsi untuk mendapatkan ketepatan permukaan dan tepi kayu agar rata. Dengan mesin wood jointer kayu akan bisa presisi atau ‘match’ sama setiap sisinya. Mesin wood jointer juga digunakan untuk meluruskan kayu yang bengkok atau ‘twisted’ sehingga saat penyambungan, kayu sudah benar-benar lurus di setiap tepinya. Tetapi bukannya kayu yang “diluruskan” oleh mesin ini, melainkan malah “meluruskan” jari pegawai kami.

Peristiwa tersebut benar-benar tidak akan pernah saya lupakan seumur hidup. Berhari-hari saya tidak doyan makan ketika saya ingat pernah melihat potongan daging jari-jari Pak Budi berlumuran darah berceceran di atas kayu. Semoga kecelakaan kerja seperti ini tidak terjadi kembali di gudang kami, semoga resolusi kami di tahun 2017 bisa berjalan dengan baik dan mampu kami handle dengan bijak.

Don’t abandon your responsibilities but don’t overdose on duty. Selamat menjalani tahun 2017. Tetap sehat dan bersemangat!

Tagged: , , , , , ,

Got Something to Say? :)

What’s this?

You are currently reading Yang Terlintas di Otak at Ridwan Sunaryo.

meta

