AEC 2015 ; Getting Ready To Compete Now, Jepara!!

Januari 2, 2015 § 2 Komentar

mea-2015-jepara-crafter-ready-to-compete-masyarakat-ekonomi-asia-2015-jepara-exporter-asean-jepara-goods-ridwan sunaryo

MEA 2015 – Jepara crafters are ready to compete in Asean Economic Community 2015

Rocking moment of Asean Economic Community 2015.

Selamat datang tahun baru 2015!! Resolusi awal tahun baru yang menjadi harapan baru bagi semua orang, namun kali ini sedikit berbeda.

Sudah bukan waktunya kita larut dalam euforia suasana tahun baru 2015. Dan sudah bukan waktunya kita masih mengeluhkan kenaikan dan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM). Tantangan pada 2015 lebih besar daripada sekedar persoalan harga BBM. 2015 adalah sebuah era baru dari Masyarakat Ekonomi Asia Tenggara yang sudah digembar-gemborkan para pemimpin kawasan Asean beberapa tahun lalu.

Visi dari Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) merupakan realisasi tujuan akhir dari integrasi ekonomi yang diterapkan dalam ASEAN Vision 2020 yaitu untuk mengubah  ASEAN menjadi daerah dengan perdagangan bebas baik itu barang, jasa, investasi, tenaga kerja terampil serta aliran modal yang lebih bebas. Dan sudah hal yang mutlak bahwa Sumber Daya Manusia menjadi salah satu tolak ukur kesiapan kita menghadapi momentum MEA 2015.

Selain itu menurut saya, bagi para pebisnis Jepara, yang perlu diperhatikan secara cermat adalah adanya sistem AFTA (ASEAN-Free Trade Area) sistem baru yang akan hadir di Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, yaitu sertifikasi pengekspor untuk keaslian produk mereka sendiri. Selain lisensi keaslian tersebut, pebisnis juga dapat menikmati tarif ekspor tersendiri, karena sistem AFTA akan memudahkan pebisnis yang ingin mulai mengeskpor barang ke negara ASEAN. Di sisi lain adalah sistem ini akan menghapuskan semua bea masuk impor. Itu artinya, barang-barang hasil produksi dari negara lain seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Kamboja, Laos, Myanmar dan Vietnam akan semakin banyak beredar di pasar Indonesia dan sebaliknya. Hal tersebut membuat para pebisnis Indonesia khususnya Jepara harus siap bertarung dengan pebisnis dari luar negeri. Pasalnya, tidak sedikit barang-barang produksi luar negeri yang (kabarnya) berkualitas dengan harga yang jauh lebih terjangkau akan beredar luas di pasar Indonesia. Seperti prediksi yang dikemukakan mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Bpk. Dino Patti Djalal yang mencontohkan perkembangan Vietnam seperti Cina-nya Asean yang berpotensi besar menjadi raksasa Asia Tenggara.

Dan apakah kita siap?
Siap tidak siap harus siap! MEA 2015 adalah tantangan besar, dan tantangan adalah peluang, tergantung kita menyiasatinya. Saya rasa bagi pengusaha mebel lokal Jepara sudah tidak begitu kaget dalam menghadapi persaingan dengan pengusaha asing. Karena tidak ada MEA pun sudah banyak ekspatriat yang mendirikan bisnis furniture di Jepara seperti Amerika, Prancis, Inggris, dll. yang tentunya dengan modal yang lebih “wah” besarnya.

Dan saya harap semoga pemerintah bisa memanfaatkan momentum positif tahun lalu yang oleh Bank Dunia, perkembangan ekonomi Indonesia diurutkan ke dalam peringkat 10 besar dunia dengan economic share sebesar 2.3% agar bisa menyamakan visi dengan para pengusaha lokal (yang masih ragu) dalam menghadapi MEA 2015 entah itu kemudahan dalam surat perizinan, permodalan, pembangunan infrastruktur dll.

So, are you ready to compete, Jepara!!!

Iklan

Tagged: , , , , , , , , , , ,

§ 2 Responses to AEC 2015 ; Getting Ready To Compete Now, Jepara!!

Got Something to Say? :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading AEC 2015 ; Getting Ready To Compete Now, Jepara!! at Ridwan Sunaryo.

meta

%d blogger menyukai ini: