Furniture Kitchen Set, Kebutuhan Yang Menjadi Gaya Hidup

Desember 20, 2014 § Tinggalkan komentar

Furniture Kitchen Set, Kebutuhan Yang Menjadi Gaya Hidup.

Tidak bisa dipungkiri apabila bangunan sebuah rumah yang ideal terdiri dari 4 komponen utama yang membentuknya yaitu ruangan; ruang tamu, ruang keluarga, ruang kamar, serta ruang dapur. Dalam kehidupan modern sepeti sekarang, bentuk rumah pun menganut gaya yang bermacam-macam dengan mengharuskan memberi perubahan-perubahan yang mendasar. Seperti halnya perubahan pada ruang dapur agar selaras mengikuti perkembangan zaman.

Beberapa hari yang lalu, saya dimintai tolong oleh sahabat saya untuk membuatkan desain furniture kitchen set dari customer-nya dengan ukuran ruangan yang terbilang minim, dengan permintaan konsep terdapat kelengkapan yang dibutuhkan untuk membuat dapur model minimalis seperti kabinet atas dan bawah untuk menyimpan benda-benda memasak dan peralatan makan seperti piring, gelas, pisau dan peralatan kecil lainnya, serta tidak meninggalkan bagian kompor dengan model besar yang posisinya tidak jauh dari washtafel. Selain itu terdapat juga penghisap asap dari kompor gas agar asap kompor bisa langsung dihisap dan tidak menyebar ke ruangan ataupun mengotori langit-langit ruang dapur.

Model kitchen set minimalis seperti ini sudah banyak dijumpai, namun penyesuaian ruang harus bisa optimal dalam merancang kitchen set seperti apa yang akan dibuat, karena area dapur memiliki peranan penting dalam sebuah rumah. Selain menciptakan suasana nyaman, di sinilah bahan makanan yang diperlukan bagi kehidupan penghuninya, diolah menjadi makanan yang siap untuk disajikan dan disantap bersama keluarga.

Dalam area ruangan seperti diatas, dengan ukuran hanya 259x358cm yang pada area tersebut berbenturan dengan jendela, maka saya diminta untuk memaksimalkan hanya sampai area 275cm sebelum jendela tersebut.

Dari model ruangan seperti ini menurut saya memang cukup bagus, karena area dapur tersebut memiliki ventilasi (bukaan jendela dan pintu) yang baik untuk kelancaran sirkulasi udara. Tetapi sedikit tips untuk Anda dalam membuat posisi bukaan dalam ruang, sebaiknya tidak hanya pada satu sisi saja melainkan pada dua sisi atau lebih, agar tercipta ventilasi silang. Asap dan uap dari hasil proses memasak harus segera dialirkan keluar dan digantikan dengan udara segar. Udara yang berputar ini dimaksudkan untuk menghindari timbulnya bau tidak sedap di ruang dapur.

Disamping itu Anda juga dapat menggunakan exhaust fan untuk membantu mengeluarkan asap dan uap dari proses memasak, karena exhaust fan menghisap udara dan menarik minyak di dalam ruang. Perlu diperhatikan juga, exhaust fan sebaiknya dibersihkan secara teratur agar dapat berfungsi optimal.

Selain itu, di atas kompor perlu dipasang cooker hood untuk mengalirkan asap dan uap dari proses memasak. Saat ini di pasaran telah banyak dijual cooker hood dengan beragam bentuk dan ukuran.

Dari keseluruhan konsep yang diminta, serta dengan memperhitungkan faktor-faktor tersebut di atas ditambah dengan faktor estimasi budget customer-nya 🙂 , jadi saya membuat sketsa tentang rancangan kitchen set minimalis menjadi seperti ini;

Simple dan efisien, dengan mempertimbangkan tipikal ruang dan keinginan pemilik, sirkulasi udara, lay-out ruangan dapur tersebut terhadap ruangan tangga serta karakteristik appliance, bagaimana arah bukaan, bagaimana mengoperasikan, serta proses maintenance.

Untuk harga, sangat variatif. Di tempat saya, standard menggunakan material konstruksi kayu jati dengan top meja marmer/granit berkisar 2,6 juta untuk kabinet bawah, dan 1,7 juta untuk kabinet atas. Harga dihitung 1 meter lari kabinet atas bawah. Jadi jika terdapat bagian-bagian tertentu yang tidak ada kabinet atasnya, semisal kabinet untuk kulkas yang tinggi, ada hitungannya tersendiri, juga tergantung jenis desain seperti apa yang diminta. Kalkulasi mahal-murah menurut saya tergantung budget, karena ukuran kualitas adalah yang utama.  🙂

Iklan

Tagged: , , , , , , , , , , , , ,

Got Something to Say? :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Furniture Kitchen Set, Kebutuhan Yang Menjadi Gaya Hidup at Ridwan Sunaryo.

meta

%d blogger menyukai ini: