Waspada penipu furniture jepara

Juni 2, 2014 § 3 Komentar

Awas! Waspada Penipu Penjual Furniture Jepara !!

Salam, apa kabar Anda?  Semoga kita tetap dalam lindungan Allah SWT. Di posting ini kembali saya mengingatkan untuk Anda agar selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi jual beli online. Akhir-akhir ini terdengar kabar buruk bagi dunia furniture khususnya daerah Jepara yang terkenal dengan pusatnya furniture Indonesia. Di jejaring sosial facebook, saya mendapat kabar bahwa kasus penipuan sering terjadi atas nama penjual furniture dari Jepara. Hal ini tentunya menyebabkan keresahan dari kami para penjual furniture Jepara, yang entah ada beberapa yang sudah kehilangan pelanggan maupun orderan yang di cancel dari pemesan dan lain hal sebagainya. Tadi pagi, ketika saya membuka facebook komunitas mebel jepara, terlihat posting penipuan lagi, dan kemungkinan dilakukan oleh oknum yang sama.

Dari keseluruhan aspek yang bisa saya simpulkan, ciri-ciri oknum yang berpotensi melakukan penipuan dalam jual beli khususnya furniture online dengan embel-embel “Furniture Jepara” adalah sebagai berikut ;

  1. Facebook adalah sarang penipuan furniture. Setidaknya sampai saat ini, kasus-kasus penipuan yang sering terjadi berasal dari sosial media facebook dengan mengakali korban yang berpengetahuan minim tentang furniture. Dan tidak dipungkiri juga merambah ke situs jual beli berniaga ataupun tokobagus/olx. Maka dari itu, Anda perlu ekstra berhati-hati. Bisa Anda cek salah satu Fans Page FB yang menginfokan update penipu di FB di Link berikut ini.
  2. Menjual Barang Dengan Harga Sangat Murah. Jangan mudah tergiur dengan harga barang murah pada produk-produk furniture nya. Bandingkan dengan harga furniture lain yang sejenis.
  3. Pastikan Reputasi nya di Internet. Anda harus tanyakan apakah toko furniture tersebut sudah punya reputasi di forum jual beli terkenal yang membuka sistem Rekber (Rekening Bersama). contoh kaskus, tokopedia, bukalapak dll. Jika belum, maka kita harus mencarinya di google apakah sudah pernah ada orang yang tertipu pada toko furniture online tersebut atau belum. Jangan sungkan-sungkan bertanya kepada orang yang pernah bertransaksi dengan pernjual untuk meyakinkan kita.
  4. Pastikan Cash on Delivery (COD). Jika Anda benar-benar kurang yakin terhadap penjual furniture online tersebut namun Anda tertarik dengan barang yang ditawarkannya, Anda bisa mengunjungi kantor ataupun showroom nya. Karena pelaku penipuan tidak akan mau bertemu secara langsung dengan pembeli karena barang yang dijual tidak ada (barang fiktif) sehingga berbagai alasan akan dikeluarkan oleh penipu tersebut agar kita tidak datang berkunjung.
  5. Perhatikan Nomor Rekening nya. Jangan terburu-buru transfer ke ATM, kroscek dahulu ke pihak Bank terkait apakah alamat nomor rekening pemilik benar ada di Jepara atau tidak. Jika nomor rekening tersebut di luar wilayah Jepara Anda patut waspada.
  6. Tidak Menguasai Informasi Produk Secara Detail. Cobalah tanya informasi yang sangat detail pada barang yang ingin kita beli untuk tes apakah penjual mampu menjawabnya dengan baik. Pastikan juga foto/gambar produk tersebut benar-benar asli, contohnya lihat background dari produk-produk furniturenya, apakah ada kesamaan dengan produk-produk furniture lainnya? Jika foto yang ditampilkan berkesan mewah dengan suasana background menawan, bisa anda waspadai karena background menawan tersebut kebanyakan adalah “market product” di pasaran ekspor. Jadi, Anda harus jeli memeriksa foto display nya, karena para penipu furniture online biasanya hanya menjiplak barang dari toko lain dan dengan asal memasukkannya di directory blog/website nya, dan bisa saja tidak tahu spesifikasi dan informasi barang yang dijualnya. Oleh karena itu penipu akan menjawab dengan jawaban yang ala kadarnya, dari jawaban asal ataupun non respon sama sekali.
  7. Mudah Melepas Barang Meski Ditawar Jauh dari Harga Jual. Penipu akan sangat senang kalau barang fiktifnya ditawar orang dengan harga berapapun. Jika pedagang furniture online sungguhan tidak mau melepas barangnya bila ditawar sadis karena itu sudah harga fix, maka pedagang gadungan kemungkinan akan melepas barangnya walaupun ditawar jauh di bawah harga yang telah ditetapkannya.
  8. Menggunakan Nomor Telepon Genggam untuk Komunikasi Utama. Toko furniture online yang menggunakan nomor handphone baik gsm maupun cdma sebagai nomor utamanya patut kita waspadai. Ini didasarkan pada orang yang berniat jahat akan dengan mudah menggonta-ganti nomor hp. Berbeda dengan nomor telepon kantor dan fax tetap yang tidak mudah diganti nomornya. Beda halnya bila nomor telepon genggam tersebut adalah sebagai sarana contact person / marketing dan after sales service dari penjual tersebut. Jadi, tanya dan pastikan dulu nomor telepon/ fax kantornya.
  9. Meminta Uang Keseluruhan dari Harga Barang. Hati-hati jika penjual furniture online meminta seluruh pembayaran dari harga jual barang di muka untuk memastikan barang akan dijual kepada kita karena bisa saja hanya trik penipu untuk mendapatkan uang kita.
  10. Amati Situs Website nya. Kita harus jeli dalam melihat detail dari toko furniture online maupun lapak online yang dikelola oleh orang yang menawarkan produknya. Orang yang kurang berpengalaman akan membuat toko atau lapak jualan online asal jadi saja dengan banyak informasi yang kurang lengkap.

Mungkin, itu beberapa ciri-ciri modus penipuan dalam jual beli furniture online terutama yang mengatasnamakan kota Jepara. Semoga Anda yang berniat membeli furniture secara online tidak pernah bertemu dengan oknum penjual furniture online yang seperti ini, akan terasa sangat merugikan bagi saya dan para supplier furniture jepara yang berniat berdagang dengan cara bersih dan jujur ikut terkena imbasnya. Namun InsyaAllah Tuhan akan mengatur rizki bagi orang-orang jujur, karena Tuhan Maha Segalanya. Terimakasih sudah mengunjungi blog personal saya dan tetaplah waspada bertransaksi furniture online.

Iklan

Tagged: , , , , , , , , ,

§ 3 Responses to Waspada penipu furniture jepara

  • […] Demikian sedikit sharing tips mengenai furniture single sofa bench dari saya, semoga bermanfaat. Apabila Anda tertarik dengan furniture single sofa bench produksi Jepara, silakan drop comment atau email saya untuk informasi detail. Sebelumnya saya kembali mengingatkan bagi Anda yang ingin membeli furniture online agar selalu hati-hati terhadap penipu yang berkedok furniture jepara dengan harga murah, simak artikel saya sebelumnya, “waspada penipu online berkedok furniture jepara“. […]

  • furniture-fo com berkata:

    bro, aku turut merasakan yg menimpamu bro, kita haru lebih berhati-hati lagi misal mau beli mebel via online, aku juga jualan online furniture juga

    • ridwan sunaryo berkata:

      Ya mas, semoga furniture jepara tetap mendapatkan kelas dan kredibilitasnya sebagai world carving center. sukses juga buat Anda, dan juga rekan-rekan pebisnis furniture yang berjualan dengan asas kejujuran semoga rizki yang kita dapatkan Insya Allah bisa barokah untuk kehidupan kita. salam. 🙂

Got Something to Say? :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Waspada penipu furniture jepara at Ridwan Sunaryo.

meta

%d blogger menyukai ini: