Upholstery Furniture

April 11, 2014 § 1 Komentar

Upholstery Furniture

Upholstery, istilah ini sangat sering digunakan dalam perbincangan furniture dan sudah lazim dipergunakan di pasar internasional. Namun, secara luas, istilah dari upholstery bisa disandingkan dengan istilah furniture jok. Kebanyakan dari para pelaku bisnis furniture menganggap furniture upholstery adalah furniture jenis sofa, mungkin ada benarnya juga karena upholstery merupakan salah satu komponen sofa.

Lalu, apa arti sofa secara umum? Sofa dapat diartikan sebagai tempat duduk yang berlapis busa, dan upholstery merupakan kain pelapis yang menutupi busa tersebut. Jadi, Kunci keindahan dari sebuah sofa terletak dari upholstery yang membalutnya. Ibarat buku, upholstery adalah covernya. Cover buku yang terlihat menawan akan menarik perhatian minat pembaca, sama halnya dengan upholstery ini, keindahan lapisan yang menyelimuti busa akan menambah cantik furniture tersebut. 

Sebuah furniture, dikategorikan sebagai furniture sofa jika memiliki beberapa komponen-komponen yang terdiri dari:

  1. Rangka, umumnya terbuat dari bahan kayu, jenis kayu yang biasa digunakan sebagai rangka sofa diantaranya; jati, mahoni, meranti, pinus, jati dll. Dalam masa perkembangannya, penggunaan sofa dari rangka besi/baja banyak digunakan untuk memperoleh kekuatan serta daya tarik suatu sofa.
  2. Sistem pegas, berfungsi sebagai penahan daya tekan dari dudukan sofa. Sistem pegas biasanya terbuat dari per, tetapi dapat pula menggunakan karet sebagai penggantinya.
  3. Dudukan, berfungsi memberikan kenyamanan dalam sebuah sofa. Dudukan dibuat dari busa, kadang-kadang digunakan per sebagai bahan penopang untuk menghemat penggunaan busa.
  4. Sandaran, Sandaran dapat dibuat dari busa, dakron, maupun bahan lain yang berifat empuk. Penggunaannya tergantung dari model sofa yang dibuat.
  5. Upholstery, Kunci keindahan dari sebuah sofa terletak dari upholstery-nya. Upholstery ini dapat menggunakan fabric kain, dapat juga menggunakan kulit (asli maupun sintetis/oscar). Pemilihan upholstery selayaknya disesuaikan dengan tema ruangan dan selera pengguna sofa.

Upholstery kebanyakan diaplikasikan ke dalam bentuk-bentuk furniture seperti kursi, bangku, dan dipan. Karena memang sudah menurut fungsinya, upholstery adalah pelapis busa atau dudukan.

Demikian artikel singkat mengenai Upholstery Furniture. Semoga bisa memberikan informasi yang Anda butuhkan. Salam furniture.

Iklan

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , ,

§ One Response to Upholstery Furniture

Got Something to Say? :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: