Kayu Sonokeling / Rosewood

April 7, 2014 § 5 Komentar

Kayu Sonokeling / Rosewood

Sonokeling adalah nama jenis pohon kayu keras dan indah, kayu jenis ini tumbuh di hutan-hutan Jawa Tengah dan Jawa Timur, dan tersebar di kaki pegunungan Himalaya, India. Ciri-ciri pohon Sonokeling ini terlihat dari daunnya yang majemuk menyirip ganjil, dengan 5-7 anak daun yang tidak sama ukurannya, berseling pada porosnya dan anak daun berbentuk menumpul (obtusus) lebar, hijau di atas dan keabu-abuan di sisi bawahnya.

Kayunya yang berbobot sedang dan berkualitas tinggi itu dalam perdagangan furniture luar negeri dikenal sebagai rosewoodBombay blackwood atau Java palisande. Atau dalam khasanah lokal sering disebut sebagai Kayu Hitam, karena Sonokeling memiliki guratan atau corak yang indah, ungu bercoret – coret hitam, coklat sangat gelap hingga hitam, atau ungu kehitaman dan coklat kemerahan. Karena corak yang indah itulah Sonokeling banyak digemari untuk pembuatan perabot mebel berkelas tinggi.

Sonokeling tergolong ke dalam kayu keras dengan bobot sedang hingga berat. Berat jenisnya antara 0,77-0,86 pada kadar air sekitar 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus dan kadang kala berombak. Kayu ini juga awet, tahan terhadap serangan rayap kayu kering dan sangat tahan terhadap jamur pembusuk kayu sehingga sangat cocok untuk produksi furniture selain kayu mahoni dan ulin.

Iklan

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , ,

§ 5 Responses to Kayu Sonokeling / Rosewood

Got Something to Say? :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Kayu Sonokeling / Rosewood at Ridwan Sunaryo.

meta

%d blogger menyukai ini: