Apa itu SVLK?

Februari 8, 2013 § Tinggalkan komentar

apa itu SVLK indonesian legal wood

Bagi Anda penyuka barang-barang furniture, pasti sudah mengenal apa yang disebut SVLK. Namun banyak juga masyarakat yang belum mengetahui apa yang disebut SVLK. nah, berikut ulasan singkat mengenai SVLK .

SVLK, jika di dunia matematika dikenal istilah SPLK yaitu Sistem Persamaan Linear Kuadrat. Maka SPLK yang itu terdengar lebih mudah daripada SVLK, heuheueheu… SVLK adalah singkatan dari Sistem Verifikasi Legalitas Kayu. Kalau di SPLK matematika biasanya variabel-variabel dalam sistem persamaan yang diberikan sudah ditentukan, variabel ini biasa dilambangkan dengan huruf kecil seperti x, y, z, dan maksimal diberikan 3 variabel, tapi umumnya dua atau satu (Haish…ini kok malah dibandingin sama matematika? :D).

Tetapi pada SVLK, variabelnya banyak banget, mulai dari penebang pohon di hutan, polisi hutan, kepala desa, cukong kayu, para pelaku industri perkayuan, para pengrajin kayu baik yang kecil maupun besar, para eksportir, pemerintah, aktivis lingkungan, belum lagi negara-negara yang memiliki kepentingan baik kepentingan perdagangan kayu maupun kepentingan politik lainnya. Rumit kan?

Jadi, SVLK adalah  suatu sistem yang diupayakan oleh pemerintah dan para aktivis lingkungan, untuk mendukung kelestarian lingkungan di Indonesia, dan terutama untuk membuktikan pada dunia bahwa Indonesia bisa menyediakan kayu dan produk olahan kayu yang legal untuk konsumen di dalam dan luar negeri. Menurut survei, kayu-kayu dari Indonesia banyak yang diekspor ke luar negeri dengan label negara Malaysia, China dan Vietnam, karena adanya praktek illegal logging, yang menyebabkan kayu-kayu Indonesia sulit menembus pasar Internasional. hmmm…sudah bisa ditebak, kan ruginya negara?

SVLK merupakan persyaratan untuk memenuhi legalitas kayu/produk yang dibuat berdasarkan kesepakatan para pihak (stakeholder) kehutanan yang memuat standard, kriteria, indikator, verifier, metode verifikasi dan norma penilaian (Permenhut  No. P.38/Menhut-II/2009 Pasal 1 Ayat 10).

Lalu, ada juga yang disebut SLK, yaitu Sertifikat Legalitas Kayu. SLK merupakan surat keterangan yang diberikan kepada pemegang izin atau pemilik hutan hak yang menyatakan bahwa pemegang izin atau pemilik hutan hak telah mengikuti standard legalitas kayu (legal compliance) dalam memperoleh hasil hutan kayu (Permenhut  No. P.38/Menhut-II/2009 Pasal 1 Ayat 12).

Jadi SLK akan diperoleh oleh pemegang izin atau pemilik hutan hak, jika telah memenuhi SVLK yang dinilai melalui proses verifikasi.  Prinsip dari VLK adalah menguji keterlacakan sejak dari produk kayu mundur ke sumber/asal usul kayu dan sekaligus menguji pemenuhan kewajiban daan ketaatan terhadap peraturan yang berlaku yang mengalur secara konsisten. Karena sertifikat LK ini bersifat mandatory, maka semua perusahaan kehutanan di Indonesia wajib mengikuti SVLK.

Yup, dari sini tentu saja saya berharap dengan adanya SVLK ini, selain hutan jadi lestari, pengrajin kecil bisa mengekspor karyanya dengan harga yang pantas dan mudah. Jadi bagi Anda yang suka membeli barang-barang mebel tanpa ada sertifikat SVLK dari produsennya maka Anda juga ikut serta dalam illegal logging di Indonesia. Ah,…

Iklan

Tagged: , , , ,

Got Something to Say? :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Apa itu SVLK? at Ridwan Sunaryo.

meta

%d blogger menyukai ini: